Kamis, 03 Juni 2010

Ajarkan Online Marketing, Acer dan Intel Rangkul UKM


Nukman Lutfie (feb/inet)
Jakarta - Sebagai rangkaian dari kegiatan Go Faster Roadshow, Acer Group Indonesia memberikan edukasi pada sekitar 200 pelaku bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) di
Yogyakarta, Kamis (3/6/2010). Edukasi tersebut mengenai pemanfaatan teknologi untuk online marketing sebagai langkah nyata yang akan meningkatkan penetrasi teknologi informasi di sektor UKM.

Mengusung tajuk 'Accelerating Your Business With Online Marketing from IT Perspective', Acer yang didukung Intel Indonesia turut memperkenalkan prosesor terbaru dari Intel Core I serta meluncurkan Acer Managed Service (AMS).

AMS adalah sebuah solusi bagi UKM yang menjadi bagian dari komitmen Acer untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi bisnis pada sektor ini. Program AMS sendiri mencakup pengelolaan infrastruktur TI mulai dari pengadaan, pre-deployment, pre-instalasi, pengiriman, instalasi di sisi pengguna, layanan pemeliharaan, desktop management tools hingga proses daur ulang saat unit PC sudah berakhir masa pemakaiannya atau yang biasa disebut IT Hardware Lifecycle.

AMS ditawarkan dengan sistem sewa pakai dengan biaya US$ 20 per bulan untuk setiap unit PC. Biaya itu dibayar pada masa kontrak selama tiga tahun. Setelah masa kontrak berakhir, maka UKM dapat memiliki PC tersebut.

Mengenalkan kecanggihan internet pada pelaku UKM memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Mulai dari kemampuan sumber daya manusianya sendiri sampai masalah maintanance yang mungkin terlalu rumit untuk orang awam. Buktinya, dari semua peserta seminar hanya ada 10 orang yang sudah mulai melebarkan usahanya melalui internet.

"Ada dua kesulitan bagi online marketing di seluruh daerah di Indonesia. Pertama, SDM yang sudah online tapi masih bingung untuk meningkatkan performanya. Dan kedua, SDM yang masih offline tapi mau masuk ke online atau melek teknologi," ujar Nukman Lutfie selaku pakar online marketing, saat ditemui detikINET di Hotel Saphir, Yogyakarta.

Nukman sendiri mengatakan bahwa kini trend jual-beli barang via internet sudah berubah. Kalau dulu kriterianya adalah barang yang tidak berbau, tidak bisa dicoba dan tidak bisa ditukar. Kini kriteria itu bias sehingga memberikan banyak pilihan konsumen untuk membeli barang via internet. Tak hanya itu, online marketing nantinya juga akan meningkatkan nilai bagi agen-agen baru yang direkrut melalui internet.

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/06/03/165254/1369304/319/ajarkan-online-marketing-acer-dan-intel-rangkul-ukm/?i991102105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar