ilustrasi (rim)
Menurut Rita Effendi, Program Manager Teleplan untuk RIM, yang menjadi tiga besar dari keluhan kerusakan adalah layar LCD, keypad atau tombol ketik, serta jogball atau trackball untuk alat navigasi.
"Kami sudah menyiapkan suku cadang cukup banyak untuk menangani kerusakan. Stoknya cukup untuk persediaan dua bulan. Jika mulai berkurang, stoknya akan kami pasok lagi bersama RIM," jelasnya saat detikINET ikut mengunjungi BlackBerry Repair Center yang dikelola Teleplan di Sunter, Jakarta Utara.
Sejatinya, tak hanya LCD, keypad, maupun trackball, yang disiapkan. Teleplan juga menyiapkan suku cadang untuk kamera, serta lens AC untuk cover depan yang melindungi layar LCD.
"Di Indonesia ini ada lebih dari 10 model BlackBerry yang beredar, kami punya semua persediaan suku cadangnya. Tapi yang paling banyak kami stok ialah untuk seri 8900 (Javelin), 9000 (Bold), 9500 (Storm), 8520 (Gemini), dan 9700 (Onyx)," kata Rita.
Teleplan ditunjuk RIM sebagai official partner untuk BlackBerry Repair Center di Indonesia sejak Agustus 2009 lalu. "Kami hanya mereparasi kerusakan hardware saja, tidak termasuk kerusakan software."
Pusat reparasi ini setiap bulannya bisa menampung seribu unit BlackBerry bergaransi resmi yang rusak dan dititipkan pelanggan melalui Authorized BlackBerry Costumer Care Center yang saat ini diklaim sudah mencapai 15 titik.
Rita mencatat, sejak beroperasi sembilan bulan yang lalu, total sudah 9000 unit BlackBerry rusak yang coba diperbaiki Teleplan. 80% di antaranya berhasil direparasi dalam tiga hari, sementara 20% sisanya yang rusak parah terpaksa diganti dengan unit ponsel baru selama garansi masih berlaku.
"Ketika unit tidak bisa direparasi lagi akan kami swap (ganti) dengan stok kami. Total kami menyiapkan pasokan 900 unit. Paling banyak untuk seri 8900, 9000, 8520, dan 9700," pungkas dia.
Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/06/13/152458/1377326/317/3-kerusakan-blackberry-yang-sering-ditemui/?i991102105
Tidak ada komentar:
Posting Komentar